Penulisan Akronim Dalam Artikel

Singkatan dan Akronim_okssSebelumnya kita sudah membahas tentang singkatan dalam artikel. Selanjutnya kita bicarakan tentan akronim. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, dalam artikel, akronim itu berupa gabungan huruf atau suku kata atau bagian lain yang ditulis dan dilafalkan sebagai kata yang wajar. Misalnya Mayjen (Mayor Jenderal), rudal (peluru kendali} dan sidak (Inspeksi Mendadak)

Seperti saat berbicara tentang singkatan, penulisan akronim juga ada beberapa tingkatan pengertian. Pertama misalnya akronim yang merupakan nama diri yang terdiri dari huruf awal dari sebuah deret kata yang ditulis dengan huruf kapital semuanya.
Contoh

ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia)
LAN (Lembaga Administrasi Negara)
IKIP (Institut Keguruan Ilmu Pendidikan)
PSSI Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia

Akronim berikutnya berupa nama diri yang berupa gabungan suku kata atau gabungan huruf dan suku kata yang ditulis dengan huruf awal huruf besar atau kapita.
Contohnya;

Akbri (Akademi Bersenjata Repubik Indonesia
Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional
Iwapi (Ikatan Wanita Pengusaga Indonesia)
Kowani (Kongres Wanita Indonesia)

Akronim yang bukan nama diri. Akronim ini merupakan gabungan dari huruf, suku kata, gabungan suku kata dan gabungan huruf dan kata yang seluruhnya ditulis dengan huruf kecil semua.

Contoh;

pemilu (pemilihan umum)
radar (radio detecting and ranging)
rapim (rapat pimpinan)
tilang (bukti pelanggaran)
rudal (peluru kendali)

Catatan:
Syarat membentuk akronim adalah; jumlah suku kata akronim tidak melebihi suku kata yang lazim pada kata Indonesia dan mengindahkan keserasian kombinasi konsonan dan vokal sesuai dengan pola kata Indonesia yang lazim. Menguasai penulisan singkatan dan akronim akan meningkatkan kemampuan kita menulis artikel yang bagus .

 

Pencarian Dari Google:

This entry was posted in Tata Bahasa and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>